Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komplit-plit, Panduan Investasi Bitcoin dan serba-sebinya

Secara umum, konsep investasi adalah penanaman aset atau dana yang dibuat oleh perusahaan atau individu untuk jangka waktu tertentu dalam rangka mendapatkan lebih banyak pengembalian di masa depan. Ada banyak hal dalam kegiatan ini, yaitu jumlah dana dan tujuan dari investasi itu sendiri.

Seperti disebutkan di atas, investasi adalah cara untuk meningkatkan jumlah uang atau asset yang Anda miliki saat ini. Sederhananya, Anda berencana untuk menerima lebih banyak dana dari laba masa depan untuk mencapai target tertentu. Tujuan Anda seperti membangun rumah, pendidikan untuk anggota keluarga, atau membuka usaha.

Sedangkan Pengertian Bitcoin adalah Bitcoin adalah aset digital yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Aset digital ini seperti halnya emas, namun hanya tersedia di dunia digital. (sumber: blog.indodax.com)

Jadi, pengertian dari investasi Bitcoin itu sendiri adalah sebuah cara untuk meningkatkan uang atau asset yang kita miliki dengan menyimpan sebuah asset digital.

Pengertian Investasi Bitcoin

Jadi, pengertian dari investasi Bitcoin itu sendiri adalah sebuah cara untuk meningkatkan uang atau asset yang kita miliki dengan menyimpan sebuah asset digital.

Perlu diketahui, bahwa asset digital ini ternyata tidak hanya Bitcoin, di sana ada Ethereum, Dogecoin, Bitcoin Gold dan ada ratusan nama lainnnya. Sama dengan di dunia nyata, ketika ada mata uang bernama Dollar, disitu ada mata uang lainnnya seperti Rupiah, Ringgit, Lira, Yen, dan mata uang lainnya.

Hukum Investasi Bitcoin Dalam Islam, Halal Atau Haram?

Sebelum lebih jauh ke Hukum Investasi Bitcoin, ternyata masih juga terjadi banyak perdebatan tentang penggunaan Bitcoin itu sendiri. Beberapa kalanagan masih menyebut bahwa hukum penggunaan Bitcoin itu masih belum sesuai syariah, artinya tidak dapat disebut sebagai sebuah asset. Namun beberapa kalangan menyebutnya boleh-boleh saja, alias Bitcoin itu halal, dengan melihat berbagai unsur kesamaan yang dimiliki Bitcoin dengan mata uang konvensional atau asset berupa emas di dunia nyata.

Sedangkan saya sendiri, mengikuti pendapat dari Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat periode 2015-2020, KH Cholil Nafis. Ia mengatakan, "sebagian ulama mengatakan, Bitcoin sama dengan uang karena menjadi alat tukar yang diterima oleh masyarakat umum, standar nilai dan alat saving.(liputan6.com).

Investasi Bitcoin Apakah Termasuk Riba

Dalam Islam, Hukum riba itu jelas, simak ayat berikut:
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Alloh dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut), jika kamu orang yang beriman (Q.S. Al Baqarah: 278)

Dan disebabkan karena mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta orang dengan jalan yang bathil. Kami menyediakan untuk orang-orang kafir diantara mereka itu siksa yang amat pedih (Q.S An-Nisa: 161)

Riba itu ada dua kategori, Utang Piutang dan Jual beli. Dalam utang piutang, jika anda meminjamkan sejumlah bitcoin anda kepada teman, dan mensyaratkan pengembaliannya harus ada tambahan, misalnya anda meminjamkan 1BTC, dan anda meminta saat kembali sejumlah 1,1 BTC, maka itu riba.

Riba dalam jual beli, misalnya anda membeli sejumlah Bitcoin, namun pengiriman bitcoin dilakukan seminggu yang akan datang, ini salah satu contoh riba jenis Riba Nasiah.

Oke, saya tidak akan banyak membahas ini, nanti malah jadi kaya pengajian.

Kembali ke Hukum Bitcoin diatas, bahwa penggunaan Bitcoin untuk investasi adalah boleh. Sama seperti uang nyata. Di situ pun ada halal dan haram. Intinya, bagaimana cara kita bermuamalah yang benar saat menggunakan Bitcoin.

Apakah Bitcoin Legal/ Resmi

Berbicara legalitas, maka berbicara hukum yang berlaku di sebuah negara, dan ini sifatnya sangat lokal, sedangkan Bitcoin ini bersifat universal, artinya dapat ditransaksikan ke negara manapun yang anda inginkan. Memang, ada beberapa negara yang menyatakan melarang penggunaan Bitcoin, tapi itu tidak berarti bitcoin tidak dapat ditransaksikan, selama di suatu negara terdapat jaringan internet, maka di situ bitcoin dapat di transaksikan.

Memang, sebuah kebijakan sebuah negara akan Bitcoin, akan mempengaruhi harga bitcoin itu sendiri. Beberapa Negara yang telah melarang Penggunaan Bitcoin:
1. Nigeria, sejak 17 Januari 2017.
2. China, sejak 8 Januari 2017. Alasan: akan terbitkan mata uang digital sendiri
3. Colombia, sejak 31 Desember 2016. Alasan: khawatir penipuan cryptocurrency
4. Taiwan, sejak 3 November 2015. Alasan: peretasan bitcoin
5. Ecuador, sejak 24 Maret 2015. Alasan: akan terbitkan mata uang sendiri
6. Bangladesh, sejak 22 September 2014. Alasan: menghindari pencucian uang
7. Kyrgyzstan, sejak 4 Agustus 2014
8. Bolivia, sejak 19 Juni 2014
9. Vietnam, sejak 28 Februari 2014. Alasan: bisa digunakan untuk kejahatan dan risiko tinggi untuk investor
10. Rusia, sejak 9 Februari 2014. Alasan: bitcoin digunakan untuk kegiatan ilegal
11. Thailand, sejak 30 Juli 2013. Bitcoin bukan mata uang
12. Maroko, sejak November 2017
13. Korea Selatan, sejak
13 Desember 2017. Alasan: untuk mengotrol keuangannya
14. Singapura, sejak 29 September 2017. Alasan: timbul kendala antarperusahaan keuangan
15. Nepal, sejak 2017
16. Indonesia, larangan berlaku 2018. Alasan: berisiko tinggi alami bubble
17. Israel, mulai 2018.
(ekonomi.kompas.com).
Namun, pelarangan itu dalam hal penggunaan Bitcoin sebagai alat pembelian, karena Bank Sentral manapun tidak ada yang dapat mengatur dan membuat regulasi Peredaran Bitcoin.

Investasi Bitcoin Aman Atau Berbahaya

Bagi saya, tidak ada sebuah investasi yang benar-benar aman, dan tidak ada investasi yang benar-benar berbahaya.

Tidak ada sebuah investasi yang benar-benar aman, contohnya, ketika kita menyimpan uang kita dalam sebuah celengan di rumah, tidak ada yang bisa menjamin bahwa celengan itu tidak akan pernah hilang, kemungkinan di curi tetap ada, meskipun mungkin sangat kecil.


Tidak ada investasi yang benar-benar berbahaya, misalnya kita taruh uang kita di tempat umum, dan kita biarkan sampai beberapa hari, ini juga belum tentu membuat uang kita itu hilang, bisa saja ternyata di tempat umum itu hanya berisi orang-orang jujur, dan tidak ada yang mengambil uang kita, sampai kita mengambilnya kembali.

Jadi, prinsip saya, dalam berinvestasi, tidak ada tempat yang benar-benar aman, dan tidak ada tempat yang benar-benar berbahaya untuk asset kita. Semua tergantung faktor Lucky dan perhitungan matang yang kita lakukan sebelum kita melakukan investasi.

Apakah Investasi Bitcoin Menguntungkan


Menguntungkan atau tidaknya sebuah investasi, seperti yang saya tulis di atas tadi, ada faktor Lucky di situ. Itulah sebabnya kemudian muncul disiplin-disiplin ilmu di bidang ekonomi, khususnya investasi, tak terkecuali juga dalam Investasi Bitcoin.

Dengan perhitungan matang, setumpuk rongsok oleh orang yang ahli di bidangnya, akan menjadi lahan investasi yang bagus. Namun, sekoper uang, di tangan orang yang tidak mengerti investasi, hanya akan digunakan untuk keperluan konsumsi dan lama kelamaan akan habis.

Lalu, prospek investasi Bitcoin saat ini dan ke depan bagaimana? Selama internet masih berjalan di dunia ini, maka investasi asset digital adalah prospek yang sangat cerah, karena seiring perkembangan jaman, hampir seluruh kegiatan transaksi diakukan menggunakan internet, dan bitcoin itu tidak terlepas dari dunia internet. Maka dari itu, Investasi bitcoin akan selalu menguntungkan di masa yang akan datang, bagi saya. Bagaimana menurut Anda?

Keuntungan dan Kerugian Investasi Bitcoin

Berbicara sebuah investasi, maka di situ ada dua kemungkinan, untung dan rugi. Tak terkecuali dengan investasi bitcoin ini.

Jika melihat keuntungan, maka sifat fluktuasi yang melekat pada Bitcoin bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk meraup keuntungan. Kenaikan harga yang dapat terjadi sewaktu-waktu sampai berlipat-lipat, dapat menjadi keuntungan yang sangat besar bagi pemegang bitcoin.

Pemegang Bitcoin pernah merasakan manisnya menyimpan bitcoin pada akhir 2017 lalu, dimana harga Bitcoin sempat menyentuh harga 300 juta/ BTC. padahal, 6 bulan sebelumnya, harga bitcoin hanya di kisaran 10-12 juta/ BTC.

Sama halnya dengan keuntungan yang di dapat, maka kerugian yang berpotensi di dalam investasi bitcoin juga begitu besar. harga bitcoin bisa saja turun sampai 50 persen, itu artinya, jika anda memiliki asset bitcoin senilai 100 juta, dan harganya ternyata turun sampai 50 persen, maka anda akan mengalami kerugian sebesar 50 juta.

Intinya, dalam investasi adalah bagaimana kita memanagemen resiko yang akan kita dapatkan.

Cara Investasi Bitcoin Yang Benar dan Paling Mudah

Tujuan dari kita melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. maka dari itu, kita perlu mengetahiu bagaimana cara investasi Bitcoin yang benar.

Yang perlu anda ketahui adalah, gunakan dana bebas. Jangan gunakan uang dapur dan uang pendidikan anak anda untuk investasi. Gunakanlah dana yang Anda siap untuk kehilangan, itu resiko terburuk Anda. Anda harus siap untuk itu.

Lalu, untuk melakukan investasi Bitcoin dengan cara paling mudah, adalah Anda membeli sejumlah bitcoin, dan anda simpan untuk beberapa waktu dalam dompet/ wallet Bitcoin pribadi Anda. Dan anda jual kembali pada waktu yang akan datang saat harga Bitcoin naik dan anda benar-benar telah mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan Bitcoin Anda.

Sukses Investasi Bitcoin Terbaik Terpercaya Indonesia Modal Kecil

Jika anda benar-benar ingin memulai investasi bitcoin, saat ini di Indonesia, Anda dapat membeli Bitcoin sekaligus menyimpannya di Indodax atau Luno. Di kedua exchanger itu, anda juga bisa mendapatkan Aplikasi sekaligus untuk melakukan trading, sehingga bitcoin anda benar-benar dapat berkembang dengan cepat.

14 Buku Investasi Bitcoin

Bagi anda seorang Pemula yang ingin secara serius mempelajari bisnis investasi bitcoin ini, ada beberapa buku yang dapat anda jadikan Panduan dan anda pelajari agar anda benar-benar handal di dunia ini. 
1. Bitcoin : Mengenal Cara Baru Berinvestasi Generasi Milenia
Penulis : Ibrahim Nubika
Penerbit : Genesis Learning
Tanggal terbit : Februari - 2018
Jumlah Halaman : 200
Harga: Rp. 65.000
Digital Gold oleh Nathaniel Popper
2. Cryptoassets: The Innovative Investor's Guide to Bitcoin and Beyond oleh Chris Burniske dan Jack Tatar
3. Blockchain Revolution oleh Don Tapscott dan Alex Tapscott
4. The Age of Cryptocurrency oleh Paul Vigna and Michael J. Casey
5. American Kingpin oleh Nick Bilton
6. The Internet of Money oleh Andreas Antonopoulos
7. How Money Got Free
8. Digital Gold
9. Internet Of Money
10. Cryptocurrency Beginners Bible
11. Cryptocurrency: Mining, Investing and Trading in Blockchain
12. Mastering Bitcoins
13. Mastering Bitcoin For Dummies
14. Cryptocurrency Profit Secrets

Disamping dari buku-buku di atas, Anda juga dapat mempelajari tentang Bitcoin secara otodidak melalui internet, banyak sekali situs-situs yang memberikan informasi sepputar dunia bitcoin dan cara berinvestasi menggunakan Bitcoin.

Daftar Situs Investasi Bitcoin Terpercaya

Selain berinvestasi bitcoin dengan menyimpannya di wallet yang anda miliki atau di tempat-tempat exchange, anda juga dapat menginvestasikan bitcoin Anda di situs-situs yang meberikan layanan untuk berinvestasi. Namun, anda perlu hati-hati ketika memutuskan untuk menginvestasikan dana anda pada situs-situs ini, karena tidak jarang situs-situs investasi ini kadang berujung pada sc@m atau penipuan. Karena dengan menginvestasikan bitcoin anda di disut investasi, maka anda layaknya menitipkan uang anda kepada orang lain, yang anda belum benar-benar mengenalnya, dan resikonya sangat besar.

Sampai saat ini, ada situs yangmasih bagus untuk investasi yaitu Freebitco.in, BTCClicks, Genesis Mining, dan Eobot. Silakan lhat detailnya di Inilah Situs Investasi Bitcoin Terpercaya dan Pasti Membayar.

Program Investasi Bitcoin

Agar terhindar dari penipuan atau Scam dan program Investasi bodong, maka anda harus benar-benar mengetahui program-program yang ditawarkan dalam sebuah situs investasi, silakan anda baca Tips HYIP Investasi Bitcoin Aman Anti SCAM.

Forum Investasi Bitcoin

Jika anda seorang pemula yang masih banyak ingin bertanya, anda dapat bergabung di forum-forum yang ada, dan ajukan pertanyaan, di forum-forum itu anda akan banyak sekali mendapatkan jawaban dari para investor atau para trader Bitcoin. Di forum itu juga banyak sekali orang bertukar informasi mengenai perkembangan dunia bitcoin dan Cryptocurrency.
Beberapa Forum yang ada yaitu:
Forum Bitcoin
Forum Bitcoin Kaskus
BitcoinTalk
Grup-grup Bitcoin yang ada di Facebook

Investasi Sejenis Bitcoin

Dunia Cripto atau uang/ asset digital terus berkembang, hingga saat ini, ada banyak sekali mata uang digital yang beredar di internet, di Indodax sendiri, anda akan menemui banyak sekali Mata uang digital yang diperdagangkan. Sedangkan secara keseluruhan uang digital yang beredar di dunia, anda dapat melihat rilis coin-coin terbaru di Coinmarketcap.

Kisah Pengalaman Investasi Bitcoin

Terakhir, adalah kisah saya sendiri mendapatkan keuntungan dari investasi Bitcoin, dan ini saya dapatkan Gratis alias free.

Awalnya, saya mengenal Bitcoin hanya sekedar iseng-iseng dan browsing di internet sampai pada akhirnya saya membaca cara mendapatkan uang dari internet, salah satunya adalah dengan mengumpulkan Bitcoin.
Saya benar-benar tanpa modal sepeserpun, kecuali hanya koneksi internet, itupun saya nebeng di tempat saya bekerja, dan komputer yang saya gunakan juga adalah komputer kantor.

Saat itu saya mengenal Bitcoin dan harga pada waktu itu adalah sekitar 2 jutaan. Dan Bitcoin pertama saya, saya dapatkan dari Freebitco.in, dulu per claim kisaran 1000 sathosi, kalau sekarang sangat kecil hanya, mungkin tidak lebih dari 25 Sathosi.

Sampai terkumpul beberapa 0,001 BTC, waktu itu mungkin hanya senilai 10 ribu perak, dan sudah bisa di kirim ke Indodax, waktu itu masih Bitcoin.co.id.

Dari Freebitco.in saya juga mendapatkan kepingan-kepingan sathosi yang saya peroleh dari referral saya. Termasuk komisi referral yang ada di bitcoin.co.id.

Sampai terkumpul menjadi lumayan jumlahnya, saya ikut program investasi di situs pihak ketiga, dan dari situ saya juga mendapatkan referral yang menginvestasikan dananya cukup besar, sekitar 2BTC. Waktu itu harga BTC sudah sekitar 10 jutaan. Dan saya mendapatkan kommisi referral 10% dari dana investasi referral saya.

Di wallet saya sudah ada 0,1 BTC, dan saya terus investasikan di situs-situs pihak ketiga, yang kebanyakan adalah HYIP, pernah saya rugi, uang yang saya investasikan hanya kembali 70 %. maka dari itu, perlu sekali membaca Tips HYIP Investasi Bitcoin Aman Anti SCAM. Dan akhirnya saya tobat mengikuti HYIP.

Bitcoin-bitcoin yang saya peroleh secara gratis juga saya dapat dari memasang iklan, seperti yang ada di blog yang anda baca ini, silakan lihat caranya di Pasang iklan bitcoin.

Sampai sekarang, saya sama sekali belum pernah yang namanya membeli atau deposit rupiah ke akun atau wallet bitcoin saya, tapi saya sudah beberapa kali merasakan penarikan rupiah ke rekening bank saya.



Dan yang saya tekuni sampai sekarang adalah melakukan trading, karena jika hanya menyimpan dan menunggu kenaikan harga bitcoin, itu cukup memerlukan waktu yang lama, maka dari itu, pergerakan harga bitcoin yang terjadi setiap saat, saya manfaatkan untuk mendaatkan keuntungan dari selisih harga yang bergerak itu.

Disamping itu, juga saya tradingkan ke mata uang digital lainnya yang sedang memiliki trend bagus, sehingga keuntungan akan bisa diperoleh secara cepat.

Waduh, ternyata semakin lama-semakin banyak tulisan saya ini, saya sudahi dulu, nani saya tambahkan lagi info-info seputar bitcoin. terimakasih telah berkunjung di blog abal-abal saya ini.

2 comments for "Komplit-plit, Panduan Investasi Bitcoin dan serba-sebinya"

  1. Do you understand there is a 12 word sentence you can communicate to your man... that will trigger intense feelings of love and impulsive attraction for you buried within his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, worship and care for you with his entire heart...

    12 Words Will Fuel A Man's Desire Response

    This instinct is so built-in to a man's genetics that it will drive him to try better than before to make your relationship the best part of both of your lives.

    Matter of fact, fueling this mighty instinct is absolutely mandatory to getting the best ever relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will immediately find him open his soul and mind for you in such a way he haven't experienced before and he'll see you as the only woman in the world who has ever truly attracted him.

    ReplyDelete